Saturday, June 20, 2020

BERITA

1 Comments
PELAKSANAAN IBADAH DI DESA BANGUNJAYA

MASJID NURUL FALAH BANGUNJAYA

Meskipun kasus covid-19 tak sepenuhnya hilang di wilayah Kab. Poso, namun kasus baru dalam skala kecil tetap ada dan tingkat kesembuhan sangat besar diwilayah Kab. Poso, bahkan kasus kematian yang terpapar covid19 tidak ada di Kec. Pamona Selatan. Pemerintah Kec. Pamona Selatan telah mengambil langkah untuk membebaskan masyarakat beraktifitas kembali dalam menjalankan aktifitas beribadah beribadah. Tapi dengan menerapkan prokoler pencegahan corona.

Hal ini terlihat di Desa Bangunjaya. Dimana merupakan salah satu Wilayah di Kec. Pamona Selatan yang beberapa waktu yang lalu salah seorang warganya terkonfirmasi Covid-19 yang telah sembuh dan telah kembali ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri.

Nurul Falah Bangunjaya

Melihat hal yang mengembirakan tersebut dan sesuai dengan himbauan Pemerintah Kecamatan Pamona Selatan. Maka Pemerintah Desa mengambil inisiatif untuk membuka kembali aktifitas beribadah bagi warga Bangunjaya khususnya Umat Islam agar melaksanakan Ibadah sebagaimana biasanya.

Pelaksanaan Shalat Jumat

Para jamaah pun menikmati ‘kebebasan’ itu. saat shalat berjamaah di Masjid Nurul Falah dilaksanakan, utamanya shalat Jumat yang berminggu-minggu tak dilaksanakan. di Masjid terlihat  shalat jumat langsung ramai, mereka sama seperti muslim lainnya yang rindu beribadah di Rumah Allah. Takut bila tak ada lagi kesempatan berjamaah seperti masa pandemi Covid-19 menyerang.

Namun tidak semua diperkenankan ke masjid. Karna Imbauan dari pemerintah dan MUI meminta pengurus Masjid agar setiap masjid memenuhi standar pencegahan covid..Semisal orang yang flu, demam, batuk dan yang punya family dekat dengan corona di larang datang ke masjid. Selain wajib bermasker, membawa sajadah sendiri, masjid harus selalu disterilisasi. Di dalam masjid shaf direnggangkan, di atur dengan tidak berdekatan antara jamaah satu dengan lainnya. Tidak ada saling salaman, keluar masjid  dengan memperhatikan jarak agar tidak berdesakan.

Jamaah Masjid Nurul Falah Bangunjaya

Semoga aktifitas kembali beribadah secara berjamaah yang setelah sekian lama dirindukan oleh umat beragama akan melahirkan jiwa baru yang siap menjalani kehidupan yang baru dengan tetap berjiwa lapang bahwa semua ini adalah ujian dari Allah bagi jiwa yang beriman yang selalu bersyukur atas musibah yang terjadi… Aamiin. (Syarifudin Dg. Siampe)

1 Comments:

Post a Comment